Hypnotherapy untuk Anak-anak




anak-anak merupakan subjek yang sangat baik untuk hypnotherapy


Bagaimana Hypnotherapy dapat berguna bagi anak-anak? Banyak sekali, lebih dari yang dapat kita bayangkan. Hypnotherapy dapat membantu untuk menghilangkan kebiasaan masa kecil yang berlanjut, seperti ngompol, menghisap jempol, dll. Hypnotherapy juga dapat membantu kebiasaan belajar yang baik, meningkatkan konsentrasi dan kemampuan belajar, meningkatkan motivasi, kreativitas, dan penghargaan terhadap diri sendiri. Hypnotherapy juga dapat membantu perasaan sedih atau kehilangan. Yang terpenting, hypnotherapy dapat menghilangkan potensi kerusakan secara psikologis yang mungkin ditimbulkan oleh kesalahpengertian kata-kata dari orang tua atau lingkungan di sekitar anak tersebut.

Sejarah hypnotherapy memiliki segudang pengalaman tentang banyak orang dewasa yang mencari pertolongan untuk mengerti dan menerima pengalaman masa kecil mereka. Suatu hal yang luar biasa bahwa kerusakan dapat tercipta dari kesalahpahaman, tujuan yang baik tetapi ditanggapi secara salah, khususnya dari sumber yang terpercaya, seperti orang-tua atau guru.

Anak anak memiliki personalitas dan karakter yang unik, seperti halnya orang dewasa. Mereka juga memberikan tanggapan terhadap komentar dari figur yang memiliki otoritas atas mereka, dengan cara mereka sendiri. Sebagai contoh, ada orang tua yang mungkin melihat raport anaknya dengan nilai-nilai yang buruk, dan mencoba suatu pendekatan yang kita sebut sebagai ”reverse psychology” (psikologi terbalik) untuk memotivasi anaknya. Orang tua tersebut mungkin akan mengatakan sesuatu seperti ”saya tidak percaya bahwa anak saya bodoh”. Jika anak dari orang tua tersebut memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi, perkataan itu justru memprovokasi mereka untuk mencoba lebih giat lagi; sebaliknya, jika anak tersebut memiliki sifat insecure, maka komentar tersebut akan membuat mereka percaya bahwa mereka benar-benar bodoh, atau lebih buruk lagi, bahwa orang tuanya (ayah atau ibunya) tidak mencintai mereka. Hal ini terjadi di dalam pikiran bawah sadar sang anak, yang dapat aktif dengan segera maupun menunggu waktu yang tepat untuk mulai merusak kehidupannya.

Hypnotherapy dapat membantu seorang anak untuk mengerti apa yang sebenarnya dimaksud, dan mencegah terjadinya kesalahpahaman yang dapat menyebabkan luka emosional yang akan membatasi perkembangan personal atau performanya dalam kehidupan.

Seorang anak sebenarnya merupakan subjek yang sangat baik untuk Hypnotherapy. Diawal setiap program, seorang hypnotherapist harus menyempatkan waktunya untuk berbincang-bincang dengan anak yang sedang menjalani sesi terapi; untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak disukainya. Hal ini akan memastikan bayangan terbaik yang akan digunakan, sehingga anak tersebut akan memiliki respon positif terhadap hypnotherapy.

Saat mereka mengembangkan durasi perhatian yang cukup, seorang anak sangat mudah memasuki kondisi hypnosis. Seorang anak menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bermain games dan memasuki dunia fantasi atau pengalaman dalan berpura-pura; yang kemudian mereka masuk secara total kedalamnya. Karena alasan ini, permainan dapat merupakan metode yang sangat baik untuk menerapkan sugesti yang bersifat terapetic. Boneka tangan dan boneka hewan biasanya mampu menarik perhatian seorang anak dan merupakan alat yang sangat bagus untuk menerapkan sugesti terapetic.

Seorang anak mungkin tidak menyadari kekuatan dari visualisasi, walaupun mereka memiliki bakat alami untuk berkhayal dan menggambarkan berbagai hal di pikiran mereka. Mereka merespon dengan sangat baik terhadap kisah-kisah dan dongeng sebelum tidur. Mereka senang membayangkan bahwa mereka merupakan bagian dari cerita yang sedang diceritakan, dan mereka masuk ke dalam kondisi hypnosis dengan mudah.

Hypnotherapy juga dapat memberikan beberapa hal yang positif bagi anak-anak usia remaja. Hypnotherapy dapat secara efektif meningkatkan kemampuan konsentrasi dan belajar. Hypnotherapy juga dapat berguna untuk menghadapi masalah perilaku, seperti kenakalan remaja dan ketergantungan obat. Pada remaja, motivasi merupakan hal yang sangat penting. Adalah suatu hal yang esensial bahwa mereka mengerti dan menginginkan perubahan itu terjadi pada diri mereka sendiri.

No comments: