Demitosisasi Hipnotis

membongkar mitos di seputar hipnotis


Apa itu hypnosis? Hypnosis merupakan salah satu alat terapi (yang luar biasa) untuk mengakses pikiran bawah sadar seseorang, untuk mencapai tujuan personal, atau mempengaruhi perubahan di dalam diri seseorang. Hypnosis dapat digunakan secara tersendiri ataupun digabungkan dengan teknik terapi lainnya secara fleksibel.



Karena kekuatan yang tampaknya luar biasa, ada beberapa hal dan prosedur yang kurang dimengerti mengenai hypnosis, atau munculnya anggapan bahwa hypnosis merupakan sesuatu yang buruk, hal ini semata-mata karena pemahaman konsep yang salah. Hypnosis sendiri sudah ada semenjak zaman prasejarah, dan kedokteran barat telah mencoba untuk mengungkapkan rahasianya semenjak tahun 1700an. Tetapi baru dua dekade terakhir kita benar-benar mencoba untuk mengerti apa sebenarnya hypnosis itu, dan apa gunanya untuk kita.



”Berbagai mitos di seputar hypnosis telah mengundang banyak orang,dari berbagai kalangan untuk mengungkap rahasia di balik kehebatannya, rahasia yang tampaknya mampu mengendalikan pikiran orang lain..”



Sayangnya, banyak kesalahan konsep mengenai hypnosis yang telah berkembang selama berabad-abad, dan masih ada di pikiran banyak orang. Jika kita bertanya pada orang kebanyakan di jalanan, apa yang mereka pikirkan tentang hypnosis, mereka akan menjawab dengan berbagai macam jawaban, antara lain: kondisi tidur, ketidaksadaran, pengendalian pikiran (mind control), atau bahkan kebanyakan akan menjawab ”Magic”. Semua hal ini salah, tetapi sayangnya terus berlanjut, dan diperkuat oleh berbagai tulisan di novel-novel dan film-film (contohnya, banyak film horror dan spionase, menampilkan hypnosis sebagai cara tokoh jahat untuk mengontrol korbannya). Banyak orang yang mencoba melakukan hypnotherapy seringkali menghabiskan waktu di sesi awal untuk menceritakan konsep yang benar mengenai hypnosis.



Hynosis bukanlah merupakan kondisi tidur, ketidaksadaran, pengendalian pikiran, atau “Magic” atau ”Mistik”. Pada kenyataannya, hypnosis merupakan tingkat kesadaran seorang individu yang tinggi. Dalam banyak kasus, subject biasanya menyadari penuh dan sanggup memberikan respon terhadap sugesti yang diberikan, baik secara verbal atau non verbal. Berikan sugesti pada seorang subject hypnosis dengan spesifik, sesuatu yang ”masuk akal”, maka mereka akan menanggapinya dengan baik, tanpa adanya penyerahan kendali diri ataupun ”Magic” di dalamnya. Tidak ada seorangpun yang dapat di hypnosis melawan kehendak bebasnya (free will); dan tidak ada seorangpun orang yang terhypnosis dapat melakukan sesuatu yang melawan kehendak bebas mereka. Ketika kita benar-benar mempelajari hypnosis, maka kita akan melihat bahwa ini adalah sebuah fakta, sebuah kenyataan ilmiah.



Saat ini hypnosis dikondisikan sebagai ”kondisi pikiran terfokus”, ketika seorang subject (yang dalam pengaruh hypnosis) memilih untuk mengalami hal yang relevan dengan sugesti yang diberikan, memblok berbagai hal lainnya. Hypnosis juga dapat dideskripsikan sebagai konsentrasi yang terpandu. Panduan yang diberikan dapat dilakukan oleh seorang hypnotherapist atau oleh diri sendiri, dengan menggunakan Self-hypnosis.



Apapun yang kita pikirkan, hypnosis merupakan metode untuk berkomunikasi secara langsung dengan pikiran bawah sadar seseorang. Beberapa orang menyadari luar biasanya kekuatan pikiran bawah sadar terhadap kehidupan mereka. Penyebab dari berbagai “kebiasaan buruk” telah berakar di dalam ingatan atau persepsi yang mungkin sudah terlupakan oleh pikiran sadar tetapi tetap berada di dalam pikiran bawah sadar. Hypnosis adalah alat untuk membantu kita mampu mengakses pikiran bawah sadar kita dan mengubah kebiasaan buruh tersebut secara relative mudah dan cepat.



Walaupun hypnosis bukanlah obat ajaib untuk segala penyakit dan masalah, tetapi di banyak hal, telah terbukti sangat membantu kita dalam kehidupan sehari hari. Misalnya untuk meningkatkan kemampuan mengingat, meningkatkan konsentrasi, melepaskan diri dari masalah insomnia (kesulitan tidur), menghadapi ketakutan (phobia), melepaskan diri dari kebiasaan buruk (seperti merokok, gigit kuku, narkoba, dll), mengendalikan rasa sakit (untuk melahirkan, dll), dan mengendalikan stress.



“Hypnosis bukan obat ajaib yang sanggup mengatasi semua masalah, tetapi mampu meningkatkan kualitas kehidupan dengan relatif cepat dan mudah..”



Hypnosis merupakan alat yang dapat digunakan oleh tiap orang yang mau mempelajarinya, dan merupakan sebuah alat bantu yang sebaiknya kita miliki dan mengerti.


Mengapa? Temukan sendiri jawabannya…

No comments: