Hipnotis, sebuah pisau tajam bermata dua

Banyak orang yang merasa bergidik atau merasa takut saat mereka mendengar kata-kata hipnotis di sekitar mereka. Sebagian besar dari kita bahkan masih menganggap bahwa hipnotis merupakan salah satu bagian dari ilmu hitam, yang banyak melibatkan berbagai hal yang bersifat magis atau mistis. Hypnosis sendiri sebenarnya merupakan sebuah metode komunikasi efektif, di mana kekuatan dari komunikasi (melalui kata-kata dan bahasa tubuh) yang membuat berbagai efek ekstrim dapat terjadi. Munculnya efek yang terkadang terlihat ekstrim itulah yang kemudian membuat orang menjadi sering salah tafsir terhadap hipnotis. Hipnotis sendiri merupakan hal yang sudah dikenal semenjak ribuan tahun silam, yang terutama di dalam budaya timur. Penggunaan hipnotis saat itu kebanyakan adalah untuk berbagai upacara penyembuhan, di mana bentuk dari ritual dan langkah-langkah yang dilaksanakan terlihat jauh berbeda dengan hipnotis saat ini. Perkembangan jamanlah yang kemudian menguak tabir hipnotis tersebut. Saat ini, di dunia barat, hipnotis sendiri sudah diakui dan dapat dibuktikan secara ilmiah, serta dapat dipelajari oleh semua orang yang berminat mempelajarinya.

Seringkali kita hanya memperoleh informasi mengenai hipnotis dari salah satu sisi saja, di mana mungkin kita sering mendengar berbagai kejahatan yang (katanya) menggunakan hipnotis? Mungkin kita sering melihat betapa hipnotis digunakan untuk membuat permainan yang melibatkan orang lain yang menjadi “korban”? Mungkin kita harus mencoba untuk memikirkannya kembali, karena ternyata hipnotis memiliki banyak sekali sisi positif, jika digunakan dengan benar, maka yang akan terjadi adalah peningkatan dalam kualitas kehidupan manusia. Coba bayangkan, di mana terdapat kasus seperti ketergantungan obat (narkoba) yang dapat diselesaikan dengan sederhana, tanpa penanganan yang berlarut-larut dengan metode hipnotis (Hypnotherapy). Apakah merupakan dambaan dari tiap orang tua untuk dapat memiliki anak yang baik dan mudah untuk diatur? Bagaimanakah rasanya kalau kita bisa menolong orang-orang yang kita sayangi di sekeliling kita dari berbagai masalah, ringan maupun berat? Dan alangkah nyamannya apabila kita bisa merasakan perjalanan ke tempat lain, negara lain, suasana lain, dengan menggunakan metode hipnotis, di mana kita seolah-olah sedang merasakan sensasi bepergian ke tempat yang sangat kita inginkan? Bagaimana rasanya apabila kita mampu merasakannya dan mengingatnya dengan sangat jelas dan nyata, meskipun hal tersebut terjadi hanya di dalam pikiran kita? Masih banyak lagi aplikasi dari hipnotis yang dapat digunakan secara positif, mulai dari aplikasi marketing (untuk pemasaran), parenting (komunikasi antara orang tua dan anak), motivasi diri, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hipnotis sendiri dapat dipelajari oleh banyak orang, dari berbagai kalangan, dengan waktu yang relatif cukup singkat, dan dengan cara yang sesuai dengan standard internasional. Yang dibutuhkan hanyalah kemampuan untuk berkomunikasi secara aktif dan rasa percaya diri yang cukup, sehingga memungkinkan kita untuk dapat mempraktekkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan mengenai hipnotis yang diikutinya.

Dengan berbagai fakta dan manfaat hipnotis yang sudah disebutkan diatas, apakah anda termasuk orang yang ingin memiliki kemampuan hipnotis untuk mengatasi berbagai macam masalah maupun untuk meningkatkan kualitas kehidupan anda dan orang-orang yang anda sayangi?

No comments: