5 Cara untuk Mengurangi Depresi


5 Cara untuk Mengurangi Depresi

(disadur dari “5 Tips to Reduce Depression” oleh Wayne F. Perkins, CHt.)

Ketika berbagai keadaan kehidupan dan ekonomi semakin berpengaruh pada banyak orang di seluruh dunia, semakin banyak orang yang menderita karena depresi. Semakin kita focus pada berbagai kejadian yang mempengaruhi keadaan ekonomi, makin kita mengalami depresi. Apapun penyebabnya, kita merasa bahwa itulah penyebab dari depresi yang dirasakan. Berikut ini ada 5 (lima) cara yang memungkinkan kita mengurangi depresi kita dengan cukup besar.

1. Kurangi membaca surat kabar

Suratkabar seringkali menampilkan berbagai cerita negative dari waktu ke waktu. Bahkan dalam keadaan yang damai sekalipun, suratkabar pasti menemukan berbagai hal yang buruk yang terjadi dalam kehidupan, serta menempatkan opini negatif sebagai tampilan utama, untuk mempromosikan berita di surat kabar tersebut pada para pembacanya. Cerita-cerita yang didalamnya terdapat perang, kematian, kehancuran, kerusakan, kejahatan, dan keputus-asaan dalam segala aspek kehidupan.

Kurangi membaca suratkabar, atau minimal hindari membaca berita-berita yang memberi masukan negative pada otak kita.

2. Kurangi menonton Televisi

Menonton tayangan tentang berita-berita negative tentang ekonomi dan berbagai hal mengenai kejahatan merupakan hal yang meningkatkan kadar depresi dalam diri kita. Kenyataannya, biasanya kita merasakan ketidakberdayaan. Ketidakberdayaan yang memungkinkan depresi mulai berkembang di dalam diri kita. Kalaupun kita benar-benar harus menonton tayangan seperti ini, berjanjilah pada diri sendiri bahwa kita hanya focus pada berbagai hal yang ingin kita raih dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Salah satu cara kita dapat menghilangkan berbagai input negative dalam pikiran kita adalah menentukan focus kita pada masa depan. Kita akan menyadarinya di masa depan, bahwa banyak berita-berita negative tersebut bukanlah hal yang menarik untuk menjadi perhatian.

Ketika ada teman, kenalan, atau siapapun datang ke tempat tinggal kita, pastikan bahwa kita mematikan televise kita. Berita-berita di televisi dapat mengganggu perhatian dari tamu kita, karena isi pemberitaan yang berkisah seputar perang, kematian, kerusakan, dan berbagai hal yang menakutkan secara emosi lainnya. Scroll text yang bergerak di bawah tayangan televisi mampu mempengaruhi perhatian kita dan tertahan di dalam pikiran bawah sadar kita. Tayangan televisi yang negative mampu mengganggu semangat positif yang kita miliki.

3. Katakan hal yang baik tentang Orang lain

Ada petuah dan saran yang berkata “"jika kita tidak dapat mengatakan hal yang baik tentang seseorang, maka jangan katakan apapun”. Bagaimanapun, ketika kita menemukan diri kita sendiri dalam sebuah percakapan dan seorang kenalan kita mengatakan “ingat si A?”, “dia seorang alkoholik lho..”, katakan “ya A memang seorang alkoholik dan dia adalah salah seorang yang paling dermawan yang saya pernah kenal”.

Hubungkan kalimat negative dari orang di depan kita tentang si A dengan hal yang positif tentang A. Buat diri kita untuk mampu menemukan hal positif dalam diri dan kalimat tiap orang dan simpan semua pikiran negative dan tidak membiarkan depresi untuk menguasai kehidupan kita.

4. Berlatihlah secara Fisik

Banyak orang yang telah dewasa melupakan bergerak, berlatih, dan berolahraga ketika mengalami depresi. Pastikan bahwa kita berlatih setiap hari, dan memberikan suplai oksigen lebih banyak ke sel-sel otak kita. Hasil dari berlatih fisik akan meningkatkan kesehatan dan perilaku (attitude) kita.

Dengan makin sehatnya tubuh kita, semakin terpenuhinya suplai oksigen pada seluruh tubuh kita, khususnya pada otak kita, makin mampu kita untuk berpikir dan bertindak lebih kreatif, lebih cepat, dan lebih terfokus pada apa yang menjadi tujuan kita di masa depan.

5. Bernafaslah dalam dan relaks

Berlatihlah untuk bernafas yang tepat untuk merelakskan tubuh dan pikiran kita. Bernafaslah dalam dan relaks. Berikan 3 menit dalam tiap jam untuk “liburan singkat” secara mental.

Kita dapat menerapkan latihan ini ketika kita sedang berdiri di antrian belanja di supermarket atau ketika kita sedang mendengarkan pembicaraan di telepon. Kita dapat melakukan latihan ini di rumah dan di tempat kerja kita.

Ambil tiga nafas panjang dan relaks. Ketika kita menarik nafas, berkonsentrasilah pada pikiran yang menenangkan. Kita bisa berpikir tentang berbagai hal yang menenangkan, seperti membayangkan daerah pengunungan, di pinggir pantai, atau tempat yang paling kita anggap nyaman di kamar atau rumah kita.

Ketika kita melepas nafas, fokuslah untuk melepas semua tekanan keluar dari paru-paru kita, lepas bersama udara yang kita hembuskan.

Fokuslah pada bayangan positif dalam kehidupan kita. Fokuslah pada gelak tawa, cinta, semangat, dan harapan-harapan dalam hidup kita.

Tetap bernafas dengan pola seperti ini sampai kita merasa lebih nyaman. Jika kita melakukan latihan ini sesering mungkin, kita akan menyadari berbagai perubahan yang luar biasa dalam penampilan dan berbagai aspek di dalam kehidupan kita.

Jadi, kurangi depresi kita sekarang! Nikmati kehidupan keluarga kita, teman-teman kita, dan kehidupan kita.

1 comment:

infogue said...

artikel anda ada di:
http://psikologi.infogue.com
http://psikologi.infogue.com/5_cara_untuk_mengurangi_depresi

anda bisa promosikan artikel anda di www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!