Hypnotherapist dituntut membuktikan keilmuannya

Hypnotherapist dituntut membuktikan keilmuannya

Dipublis di FB Monday, March 1, 2010 at 12:21pm

Beberapa rekan banyak yang bertanya apakah berkarir di bidang Hypnotherapy memiliki masa depan yang menjanjikan? Ada lagi yang bertanya bertanya berapa lama dan berapa biaya sehingga layak disebut ahli hypnotherapy? meskipun saya orang baru didunia hypnotherapy ini mudah mudahan sedikit kontribusi tulisan bisa memberi masukan menjawab pertanyaan tersebut.

Tulisan singkat ini mudah-mudah bisa memberi sedikit gambaran bagaimana dunia Hypnotherapist dipandang dari berbagai kacamata

Praktisi kesehatan, Dalam dunia medika ada 2 macam
1. Praktisi kesehatan fisik yaitu para dokter
2. Praktisi kesehatan Mental yaitu psikiater, psikolog dan hypnotherapi

Disini, kita tidak membicarakan dunia kedokteran, kedudukan mereka dimata masyarakat sudah solid, mantap. Karya mereka dilapangan, di keseharian memiliki status tersendiri dan bisa dikatakan teratas stratanya.

Dalam praktisi kesehatan mental, ada 3 pemain utama yaitu psikiater, psikolog dan hypnotherapi. Psikiater saat ini diakui Depkes sebagai praktisi kesehatan mental, karena itu mereka boleh mengeluarkan resep dan obat kimia atau organik yang berhubungan dengan masalah kejiwaan seperti antidepressan dll.

Psikologi dan hypnotherapi masih jauh lagi, belum diakomodir oleh Depkes dan seakan masih abu-abu. Psikoterapinya masih belum bisa bermain banyak. Kontribusinya di mata masyarakat masih sedikit, masyarakat belum meng-apresiasi menghargai, mengapa?

Inilah peran hypnotherapist sesungguhnya yang lagi dituntut masyarakat dan kalangan civitas academica . Para hypnotherapist diminta MEMBUKTIKAN kemanfaatan keilmuannya. Bahkan banyak masyarakat yang berpendapat pergi keParanormal , orang pinter masih jauh ada manfaat yang dirasa.

Saya sangat mengharapkan hypnotherapy dan psikologi bergandengan tangan. Sehinga menjadi satu entiti satu warna. Teknik didalam menterapi pasien sesungguhnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien. Semakin luas variasi ilmu semakin tajam memilah masalah, semakin cepat solusi tercapai.

Pakem psikologi sudah terbukti berdasarkan keilmuan banyak individu yang namanya terukir indah didunia keilmuan kejiwaan dan keilmuan tentang pikiran selama ratusan tahun. Seperti Ivan Pavlov mengajar banyak terbentuknya peta jiwa, Carl Junk dengan psikometer terukur tepat setiap CPU dikepala manusia (jika otak manusia di ibaratkan komputer).


Prof John Barg yang terkenal dengan profesor perilaku, Paul Ekman & John Gottman mempelopori micro expression telah melewati 20,000 jam reset untuk mempelajari 7,800 perbedaan gerak diwajah seseorang karena apa yang terlintas di pikiran terbaca diwajah.dan masih banyak lagi.

Mereka semua tidak mungkin di lewati begitu saja. Ribuan orang mereka research perilakunya, ribuan studi kasus mereka sudah buktikan dilapangan. Lalu dengan panjangnya deretan keilmuan yang harus dipelajari dan dipahami, apakah mungkin seseorang dalam waktu singkat menjadi seorang terapist ? untuk masalah kejiwaan?

Mari kita berfikir ulang lagi. Mungkinkah?

Dapatkan seorang mengikuti 150 jam sebagai hypnotherapist workshop lalu dikatakan pakar atau mumpuni?

Jawabnya mungkin! Saya garansi! Untuknya ilmu hypnotherapi tidak rumit, jurusnya semua dapat dipelajari dikelas selama 150jam. Seluruh kelimuan pakar psikologi dapat dipelajari dari buku dan para mentor senior sesudahnya.

Saya ingin mengangkat sedikit teori psikologi modern yaitu THE RULE OF 10,000 HOURS. Anda pasti sudah tahu hal ini, semua hypnotherapist pasti sudah tahu. Jadi penuhi kaidah 10,000 jam. Dengan 150 jam dikelas + 10,000 jam. Ilmu tersebut akan menempel dengan menjadi citra diri anda, menjadi self conset anda, menjadi self esteem anda. Rule of 10,000 hours adalah ilmu verbal yang diwarisi setiap hynotherapist oleh mentornya. Hypnotherapist adalah seni, memiliki mentor yang mumpuni mempercepat kemasteran anda. Anda bisa ukur kesenimanan mentor anda. Ada banyak di Indonesia ini ada saat ini dan akan terus tumbuh.

Sejak lama saya percaya, hynotherapi akan menjadi ilmu rujukan, ilmu dasar dari berbagai ilmu aplikasi 5 tahun dari sekarang, akan banyak lahir lembaga-lembaga yang serius mengembangkan hypnotherapi di Indonesia, memiliki reseach sendiri sehingga menjadi acuan dunia, dan 10 tahun dari sekarang jumlah hypnotherapist di Indonesia terbanyak didunia sehingga menjadi kiblat baru praktisi kesehatan mental dan pikiran.

Tabik

Mardigu WP

1 comment:

Passion Calling said...

terima kasih banyak infonya. semoga ini bisa memberikan semangat untuk lebih berkarya dengan hipnoterapi.